Sekelumit hikmah pada Pelantikan Pengurus FIKRI


Add caption


Bismillahirrahmaanirrahiim
Pagi itu terasa tenang. Udara sejuk yang bercampur dengan embun masih berhembus menembus kulit meski waktu telah muenunjukkan pukul 06.00 pagi. Awan kelabu  menutupi sinar matahari pagi. Suasana kampus masih sangat lengang dari aktifitas para penghuni kampus, mahasiswa, dosen pegawai kampus, bang Peri : petugas parkir di kampus kami yang sangat bertanggung jawab dan supel, ibu-ibu kantin dan lain sebagainya. Wajar saja, hari itu adalah hari ahad, tepatnya tanggal 18 September 2011.
Meski tampak lengang, namun sebenarnya kampus kami, FMIPA Untan, sangat jarang sepi akan aktifitas didalamnya. Baik praktikum, kegiatan-kegiatan mahasiswa maupun hanya sekedar berolahraga santai bersama teman-teman, membuat kampus Mipa selalu terlihat ramai. Apalagi saat ini telah mulai berjalan program Reguler B di MIPA, yang memiliki jadwal kuliah dari pukul 15.30 hingga 20.30 membuat kampus kami tetap “hidup” meski di malam hari. Semakin ramai saja kampus ini.
Ahad yang tenang. Setibanya ana di musholla kebanggaan, Al-Fikr, terlihat beberapa mahasiswa sibuk dengan aktifitas masing-masing. Mereka adalah para pengurus FIKRI, LDF kami tercinta. Terlihat semangat dan keceriaan dari wajah-wajah mereka yang lembut dan teduh. Tangan – tangan mereka cekatan mengangkat perlengkapan-perlengkapan untuk kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu. Pasalnya, ahad itu akan diadakan Pelantikan sekaligus Rapat kerja para pengurus FIKRI periode 2011-2012. Tidak lama berselang, satu persatu para pengurus yang lain mulai berdatangan dan membantu mempersiapkan perlengkapan. Mengatur sound sistem, infokus, ruangan dan lain sebagainya. Hembusan angin sejuk tak membekukan semangat mereka. Sesekali terdengar tawa canda mereka, membuat semakin ramai pagi itu.
Tepat pukul 08.30, kegiatan pun mulai dilakukan. Pada hakikatnya, acara pelantikan tersebut akan dihadiri oleh dekan FMIPA  ataupun pembantu dekan III, namun pada saat yang bersamaan, beliau harus pergi ke luar kota sehingga tidak dapat hadir, begitu pula dengan pembantu dekan III FMIPA. Namun hal itu tidak mengurangi semangat kami. Dengan izin  Allah, pak Azrul Azwar, S.Si, M.Si dapat hadir ditengah-tengah kami untuk memberikan taujih dan nasihat serta melantik kami, para pengurus FIKRI. Hadir pula para senior kami, alumni pengurus FIKRI maupun dewan penasihat FIKRI.
Awan masih memayungi bumi dari teriknya sinar mentari pagi,namun semangat mengalahkan teriknya mentari. Udara sejuk menyambut kami ketika seluruh pengurus diminta untuk keluar ruangan pada saat akan pelantikan dan pembacaan ikrar. Sejuknya udara pagi menambah teduh wajah para pejuang Allah yang satu persatu mulai keluar ruangan. Berada di bawah tatanan alam yang maha luar biasa, ciptaan-Nya. Terasa betapa kecilnya manusia di hadapan-Nya.
“Asyahadu alla ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadarrosulullah,....”
Terasa bergetar ketika lidah ini melafadzkan syahadat. Entah mengapa terasa berbeda, padahal setiap harinya berulang kali dilafadzkan ketika sholat.
“Dengan selalu mengharap ridho dan rahmat Allah SWT,...”. perlahan kami mengikuti kalimat-kalimat yang dibacakan oleh Pak Azrul yang memimpin pembacaan ikrar. Setiap kata dan kalimat terucap terasa begitu meresap ke dalam jiwa. Semakin terasa betapa lemahnya manusia tanpa pertolongan-Nya. Di akhir pembacaan ikrar, pak Azrul berkenan untuk memimpin doa. Kekhusyukan dan hening menyelimuti. Unataian doa yang terucap seakan dibawa angin menuju sang Pengabul doa. Betapa sangat berharap agar Allah semakin menguatkan ukhuwah diantara para pejuang dakwah sebagai bekal kekuatanya. Betapa sangat berharap agar semakin dikokohkan kaki dan genggaman sesama kami dan pundak kami dalam menjalankan  tugas para nabi dan rasul ini. Sangat berharap pertemuan dengan-Nya berkumpul bersama kembali di syurga-Nya.
Malaikat, awan, matahari, rerumputan, burung-burung, bumi dan seisi alam menjadi saksi atas permohonan kepada Allah Azza Wa Jalla, Maalik Al-Yaumiddin.

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (An-Nahl : 125)


Salam Ukhuwah untuk saudara-saudara ana
Yang luar biasa, para Pengurus FIKRI
Dan Para pejuang Dakwah Kampus MIPA
Allahu akbar,.. Allahu akbar,... Allahu akbar!!!

Arif Rahman (Math_08)
Ketua Umum FIKRI

0 komentar:

 
davitblog awaspinter topkabar awasgila